WINDOWS 7 , LINUX, Mac OS X ?

Filed under: Uncategorized — nindy91 @ 1:50 pm

Jika melihat judul yang tertera diatas, tentunya kita pasti akan bertanya – tanya, apa sich Windows 7, LINUX, dan Mac OS X itu? Windows 7, LINUX, dan Mac OS X adalah tiga dari beberapa jenis System Operasi  (SO) yang terkenal dan marak digunakan banyak orang untuk mengakses kerja masing-masing computer. Zaman dahulu untuk mengakses computer, kita harus menggunakan DOS. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Bill Gates, sang pencipta Windows, memberikan System Operasi yang jauh lebih mutakhir daripada system operasi yang pernah ada. Hebatnya lagi, hampir semua orang di dunia menggunakan Windows untuk dijadikan Sistem Operasi komputer pribadi mereka masing-masing. Baru-baru ini pun, keluarlah Windows 7 yang katanya jauh lebih canggih daripada Windows Experience (XP) sebagai hasil dari pembaharuan dari Windows Vista. Pihak microsoft mengatakan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan selama tiga tahun. Windows  7 mulai di luncurkan di pasaran pada tanggal 22 Oktober 2009. Kunci kesuksesan Windows 7 adalah lebih menarik banyak pembeli selama masa diskonnya. Hal ini dapat dilihat sejak bulan Juni 2009 lalu, Windows 7 Home Premium telah tersedia dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar 49 USD atau sekitar 500 ribu rupiah saja. Ini tentu lebih hemat 70 USD atau sekitar 700 ribu rupiah dibandingkan harga penjualan aslinya sebesar 119 USD atau sekitar 1,2 juta rupiah. Sedangkan untuk Windows 7 Professional dijual dengan harga 99 USD saja atau sekitar 1 juta rupiah. Ini merupakan setengah harga dari harga aslinya. Kini program tersebut telah berlalu. Namun sampai detik ini pihak Amazon masih menawarkan Windows 7 dengan harga yang lebih murah dari harga asli peluncurannya nanti. Keuntungan menggunakan Windows 7 ini adalah setiap usernya akan diberikan perlindungan sebanyak 3 lapis jika ada permintaan pengunduhan file dari yang tidak dikenal. Selain mendapatkan perlindungan 3 lapis, Windows 7 juga memiliki fitur dan desain baru yang jauh lebih menarik daripada Windows Vista. Tetapi, bagaimanakah dengan system operasi LINUX dan Mac OS X?

 

Meski system operasi LINUX telah banyak dipakai oleh banyak orang diseluruh dunia, namun ada juga orang yang mengatakan jauh lebih mudah menggunakan system operasi Windows daripada menggunakan LINUX. Jika ditelusuri jauh lebih dalam lagi, hal ini tidaklah benar. Mengapa? Karena sebenarnya LINUX dalam pengerjaanya tidaklah jauh berbeda dengan Windows yang seringkali kita gunakan. Secara teknis dan singkat, LINUX adalah system operasi yang bersifat multiuser dan multitasking, atau dapat berjalan dalam berbagai platform yang berbeda beda. System operasi ini mengimplementasikan standart POSIX. LINUX dapat beroperasi dengan baik kepada system operasi lain, yakni Apple, Microsoft, dan Novell. Nama Linux sendiri diambil dari Linus Torvalds, yang sebetulnya mengacu kepada kernel dari suatu system operasi. Satu hal yang membuat LINUX berbeda dengan system operasi yang lain adalah soal harga. Tidak seperti Windows yang setiap penginstalannya membutuhkan uang, LINUX dalam penginstalannya tidak membutuhkan fee, atau GRATIS dan dapat diperbanyak dengan mudah dari satu computer ke computer lain. Selain gratis, Linux juga memiliki Source Code Linux bagi tiap-tiap orang. Hal ini pun sangat menguntungkan karena memberikan kebebasan bagi setiap orang, terutama mahasiswa ilmu computer di seluruh dunia untuk melihat ke dalam suatu system operasi yang nyata dan berkualitas komersial. Linux disusun berdasarkan standart system operasi POSIX yang diturunkan dari funsi kerja UNIX. Secara umum, dapat dikatakan Linux dapat bekerja lebih cepat daripada UNIX. Selain itu, UNIX juga tidak bersifat free. Oleh karena itu, LINUX pantas dikatakan sebagai system operasi yang diminati oleh banyak orang.

Berbeda dengan LINUX yang bersifat gratis dan dapat digunakan dalam berbagai sistem operasi lainnya, Mac OS X selain tidak bersifat free, juga hanya dapat beroperasi pada Apple. System operasi yang satu ini adalah system operasi keluaran terbaru dari system operasi Mac OS milik computer Machintosh. System operasi ini di keluarkan pada tahun 2001 dan sangat popular bagi para user. Karakter “X” pada Mac OS X  adalah nomor romawi yang berarti sepuluh, yang mana versi yang ini adalah penerus dari system operasi yang terdahulu, seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Versi server ini mencakup piranti lunak yang berfungsi untuk keperluan manajemen, dan administrasi workgroup dalam computer berskala besar. Mac OS X adalah system operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga banyak orang mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga UNIX. Keindahan tampilannya yang dapat menjadikannya sebagai panutan bagi pengembang desktop ini pun pantas diacungi jempol dan menarik perhatian para user.

 

Jika dicermati dari data-data yang ada, ketiga system operasi ini memiliki kelebihan masing-masing yang tidak dimiliki oleh system operasi lainnya . Namun, sepintar dan secanggih apapun teknologi computer yang ada, pastinya terdapat juga kekurangan yang akhirnya hanya akan merugikan user di saat-saat tertentu. Oleh karena itu, pilihlah system operasi yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan bukan hanya sekedar terpengaruh oleh perkembangan zaman atau trend yang ada.

created by zulferamon